Monday, October 30, 2017

PENGERTIAN JERUK MANIS (Citrus aurantium) BESERTA KLASIFIKASI, MORFOLOGI DAN KANDUNGAN KULITNYA

JERUK MANIS (Citrus aurantium)


Jeruk Manis



Jeruk manis adalah salah satu varietas jeruk yang memiliki rasa manis, telah lama dikenal sebagai buah dengan rasa segar dan bergizi baik. Selain sangat kaya vitamin dan mineral, jeruk juga mengandung serat makanan yang essensial bagi pertumbuhan dan perkembangan tubuh normal. (Kumalaningsih, 2006:43)

Klasifikasi Tanaman Jeruk Manis

  • Kingdom : Plantae
  • Divisi : Spermatophyta
  • Subdivisi : Angiospermae
  • Kelas : Dicotyledoneae
  • Ordo : Rutales
  • Famili : Rutaceae
  • Genus : Citrus
  • Spesies : Citrus aurantium (Pracaya, 2009:5)
Morfologi Tanaman Jeruk Manis

Pohon jeruk manis bisa mencapai ketinggian 6-10 m, mempunyai duri, ranting muda bersudut, bercabang rendah, bentuk mahkota pohon bulat dan kerimbunannya sedang. Akaar tunggang (bercabang besar, panjang), akar serabut (bercabang pendek kecil), dan mempunyai beberapa akar rambut. Akar tunggang bila mencapai tanah keras atau tanah yang terendm air akan berhenti. Namun, bila tanahnya gembur bisa mencapai 4 m. Makin banyak unsur hara didalam tanah, akar lebih bebas menembus tanah. Akar cabang yang mendatar bisa mencapai 6-7 m.

Daun berbentuk bulat telur (elips), panjangnya lebih kurang 5-15 cm dan lebar 2-8 cm. Ujungnya runcing, sedikit tumpul dan biasanya sedikit berlekuk. Bagian tepi daun kadang-kadang bergerigi halus, tidak berbulu pada kedua permukaanya. Permukaan atas berwarna hijau tua mengilat dengan titik-titik kuning muda, permukaan bawah berwarna hijau muda. Mempunyai cabang berjumlah 7-15 pasang. Tangkai daun pendek, setengah pendek, panjang 0,5-3,5cm dan lebar 0,2-1,5cm.

Bunga tumbuh pada ketiak daun, tunggal atau dalam rangkaian. Berbau sangat harum, kelopak berbentuk mangkuk bergaris tengah. Mahkota bunga berjumlah 5 helai, warnanya putih atau putih kekuningan. Berbentuk bulat telur (elips) memanjang. benangsari berjumlah 20-30  buah.

Buah jeruk manis berukuran besar, tangkainya kuat. Bentuknya bulat, bulat lonjong, atau bult rata dengan bagian dasar bulat atau ujungnya bulat. Bergerigi tengah 4-12 cm. Buah masak berwarna orange, kuning atau hijau kekuningan, berbau sedikit hrum, agak halus, tidak berbulu, kusam dan sedikit mengilat. Kulit buah tebalnya 0,3-0,5 cm. Dari tepi berwarna kuning atau orange tua dan makin kedalam berwarna putih kekuningan sampai putih, berdaging dan kuat melekat pada dinding buah. (Pracaya, 2009:6-11)

Kandungan Kulit Buah Jeruk Manis

Kulit jeruk manis


Kandungan air didalam kulit buah 70-83%, asam melonat (asam organik), vitamin C, inositol, beta carotene yang membentuk vitamin A, minyak terbang limonene, linalool, linalil,serta terpinol yang mempunyai efek penenang. Bermanfaat sebagai aromaterapi alami yang dapat menghilangkan stres (Pracaya, 2009:143-144)


0 comments:

Post a Comment