Tuesday, October 31, 2017

PENGERTIAN DAN BERBAGAI MANFAAT AROMATERAPI

AROMATERAPI




Gambar minyak aromaterapi




Di bidang kesehatan, minyak atsiri digunakan sebagai aromaterapi. Aroma yang muncul dari minyak atsiri dapat menimbulkan efek menenangkan yang pada akhirnya dapat digunakan sebagai terapi psikis atau mental. (Armando, 2009:6)

Aromaterapi adalah cara penyembuhan dengan menggunakan konsentrasi minyak essensial yang sangat aromatik, yang diekstraksi dari tumbuh-tumbuhan. Setiap bagian dari tanaman bisa menghasilkan minyak atsiri tetapi sering kali hanya dalam jumlah sedikit. (Giddes and grosset,2000:225)


HORMON TUMBUHAN

Aromaterapi merupakan pengobatan dengan menggunakan kekuatan dari tumbuhan, minyak essensial yang mengandung zat yang digunakan tumbuhan untuk mempertahankan diri terhadap serangan dari luar, seperti hama dan serangga. Zat tersebut adalah hormon tanaman.

Dietrich Gumbel dari Jerman pernah meneliti tumbuhan dan menemukan bahwa manusia dan tumbuhan punya kesamaan dalam hal hormon, enzim, dn susunan kimia di dalam tubuh. Bagian atas tumbuhan memiliki efek penyembuhan pada bagian kepala manusia dan menembus epidermis kulit. Bagian daun dan ranting mempunyai efek penyembuhan pada jantung dan paru-paru dn menembus dermis kulit. Bagian akar dan kayu berkhasiat menyembuhkan bagian perut manusia. (Hidayati, 2005:108-109)


AROMA YANG MENYEMBUKAN

Keluhan terhadap stress dapat diatasi dengan terapi holistik. Salah satunya adalah aromaterapi, terapi yang mengggunakan minyak essensial dari bunga, pohon atau tanaman lainnya untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan jasmani serta ketenangan jiwa dan pikiran. Efek terapi ini dapat dirasakan hanya dengan menghirup uap beraroma yang berasal dari minyak essensial tersebut.

Aroma minyak essensial dipercaya dapat mengaktifkan zat-zat kimiawi dalam otak yang digunakan untuk "berkomunikasi" dengan sistem saraf dan organ tubuh lainnya. Bukan hanya itu, rasa nyeri dan keluhan-keluhan fisik lainnya pun akan berkurang.

Semua tanaman yang digunakan untuk aromaterapi memang terkenal memiliki kemampuan untuk menyembuhkan. Satu jenis minyak tidak hanya dapat mengatasi satu keluhan, melainkan juga beberapa keluhan lainnya. Selain itu, dapat meringankan sakit kepala, batuk, pilek, insomnia, sakit perut, depresi, pembengkakan dan lain-lain. (Hidayati, 2005:113-114)


CARA KERJA AROMATERPI

Menghirup minyak aromaterapi sendiri dianggap sebagai cara penyembuhan yang langsung dan cepat. Hal ini terjadi karena molekul-molekul dari minyak essensial yang mudah menguap bereaksi langsung pada organ penciuman dan langsung dipersepsikan oleh otak. Cara ini disebut inhalasi atau menghirup uap.

Penghirupan uap dengan minyak essensial merupakan cara yang sangat baik dan terus dilakukan  sepanjang zaman untuk menghindari gejala-gejala masuk angin, flu, sakit kepala dan stress, dan dapat berguna bagi kulit yang berminyak. Namun, penghirupan uap harus dihindari oleh penderita asm jika tidak dibawah pengawasan praktik medis, karena kadang-kadang uap dapat mengganggu paru-paru. (Giddes and Grosset, 2000:229-230)

Penyerapan kulit (topikal) dalam bentuk minyak pijat, lotion, parfume, cologne. Minyak essensial dapat menembus sampai lapisan kulit yang paling dalam tempat terdapatnya pembuluh darah dan getah bening, kemudian beredar keseluruh tubuh menuju organ sasaran.  (Hidayati, 2005:229)

Sehingga memberikan pengaruh penyembuhan dan menguntungkan pada berbagai jaringan dan organ internal. Minyak akan dipilih secara khusus untuk menyesuaikan tempermen pasien dn juga untuk mengatasi berbagai persoalan medis dan emosional tertentu yang dapat menyusahkan dirinya. (Giddes and Grosset, 2000:229)


KONDISI-KONDISI YANG DAPAT DISEMBUHKAN DENGAN AROMATERAPI

 Banyak kondisi dan gangguan tubuh yang bisa diatasi dengan aromaterapi dan terapi ini dianggap sebagai pengobatan yang sangat tepat untuk segala kelompok usia. Terapi ini khususnya cocok untuk berbagai kondisi kronis jangka panjang dan penggunaan minyak essensial diyakini oleh para ahli terapi dapat mencegah berkembangnya beberapa penyakit.

Berbagai kondisi yang dapat diredakan dengan aromaterapi antara lain : nyeri anggota badan, otot dan persendian yang disebabkan oleh gangguan radang atau rematik. Keluhan pernafasan, gangguan pencernaan, kondisi kulit, infeksi tenggorkan dan mulut, infeksi saluran kencing dan berbagai persoalan yang memengaruhi rambut dan kulit kepala, nyeri datang bulan, terbakar, gigitan dan sengatan serangga dan encok dapat disembuhkan dengan aromaterapi.

Aromaterapi sangat efektif untuk menghilangkan stres dan berbagai gejala yang berhubungan dengan stres seperti kecemasan, insomnia dan depresi. Banyak minyak essensial yang dapat digunakan secara aman dirumah dn berbagai teknik dasar penggunaannya dapat segera dikuasai. Namun sebagian teknik hanya boleh digunakan oleh ahli aromaterapi yang sudah terlatih. (Giddes and Grosset, 2000:229) 


0 comments:

Post a Comment