Monday, October 30, 2017

DEFINISI DAN METODE DESTILASI UAP AIR

DESTILASI UAP AIR



Gambar Destilasi Uap Air



Destilasi disebut juga dengan sistem penyulingan, merupakan pengambilan minyak yang tertua, namun masih banyak digunakan. Peninggalan-peninggalan sejarah menunjukkan bahwa bangsa Mesir dan India kuno sudah mengenal alat penyulingan. Hanya cocok untuk minyak-minyak tanaman yang tidak rusak oleh panas uap air. (Harris, 1987:4)



METODE DESTILASI UAP AIR

Dalam metode penyulingan digunakan alat yang didalamnya mempunyai penyangga berupa lempengan yang berlubang-lubang. Diatas lubang-lubang ini ditempatkan bahan tanaman yang akan disuling. Penyangga berlubang tersebut ditempatkan pada jarak tertentu dari permukaan air.

Bila alat dipananaskan maka air akan mendidih dan uap air akan keluar lewat lubang-lubang itu kemudian keluar lewat pendingin. Dengan demikian, uap air akan kontak dengan minyak atsiri sehingga minyak atsiri akan ikut terbawa keluar oleh uap air dn menguap bersama-sama, kemudian mencapai pendingin.

Setelah mencapai pendingin, uap air yang bercampur dengan minyak atsiri tersebut akan mengembun bersma-sama. Karena minyak dan air tidak dapat bercampur maka kedua cairan tersebut akan dipisahkan dengan cara lain. Uap air selalu jenuh, basah dan tidak akan superheated, suhu dapat dipertahankan sampai 100 derajat Celcius. Bahan tanaman hanya kontak dengan uap air sehingga kemungkinan terjadinya kerusakan komponen minyak atsiri oleh proses hidrolisis sangat minim. (Koensoemrdiyah, 2010:23-24)


0 comments:

Post a Comment