Tuesday, August 29, 2017

PENGERTIAN ANATOMI FISIOLOGI, SEL, JARINGAN DAN ORGAN





          


Anatomi bahasa latin. Ana = bagian, memisahkan. Sedangkan Tomi (tomie) = Iris atau potong.
Anatomi adalah ilmu yang bentuk dan susunan tubuh baik secara keseluruhan maupun bagian-bagian serta hubungan alat tubuh yang satu dengan yang lain.

Fisiologi berasal dari kata Fisis (Physis) = Alam atau cara kerja. Logos (lagi) = Ilmu pengetahuan.
Fisiologi adalah ilmu yang mempelajari faal atau pekerjaan dri tiap-tiap jaringan tubuh atau bagian dari alat-alat tubuh dan sebagainya.

Sel adalah unit kehidupan struktural dan fungsional terkecil dari tubuh yang dapat mengatur kehidupannya sendiri. Ilmu yang mempelajari tentang sel disebut sitologi. Jumlh sel manusia trilyunan, contoh sel eritrosit 25 tryliun.

Fungsi sel :
a. Mempertahankan barier yang selektif (membrn plasma)
b. Berisi materi hereditas (gen)
c, Aktifitas metabolik (anabolik, katabolik)

Contoh fungsi sel :
Bervariasi tergantung tujuan sasarannya :
1. Metabolisme zat kimia
2. Kontraksi otot untuk gerak
3. Sintesa protein, enzim, hormon
4. Pertahanan tubuh termasuk sistem imun
5. Hereditas/reproduksi contohnya spermatogenesis

Jaringan adalah sekumpulan sel yang membentuk satu kesatuan dan fungsi tertentu. Ilmu yang mempelajari tentang jaringan disebut Histologi.

Fungsi Jaringan :

  • Jaringan epitel merupakan menutup permukaan (luar dan dalam) kelenjar
  • Jaringan ikat berfungsi mengikat dan menyokong
  • Jaringan otot untuk gerak (aktifitas aktin dan miosin)
  • Darah : eritrosit berfungsi mengikat O2, leukosit berfungsi fagositosis, Trombosit berfungsi sebagai proses pembekuan darah, plasma berfungsi sebagai trnsport makanan dan imunitas.
  • Jaringan saraf untuk meneruskan rangsang
Jaringan Ikat
Jaringan ikat berkembang dari mesoderm embrio. jaringan ini terletak diantara jaringan-jaringan lain sehingga memberi bentuk dan ikatan jaringan tersebut. yang termasuk sel ikat adalah fibroblast, makrofag, sel plasma, sel mast, sel lemak.

Jaringan Otot
Jaringan otot berfungsi khusus untuk kontraksi sehingga jaringan ini mampu menghasilkan gerakan, Bentuk sel-sel otot panjang dn tipis sehingga pemendekan, yang terjadi selama kontraksi, sedapat mungkin efektif. Fungsi utma otot adalah menghasilkan gerakan. Ada 3 jenis Jaringan otot yaitu Otot rangka, otot polos dn otot jantung.

Jaringan Saraf
jaringan saraf tersusun atas sel-sel yang disebut neuron dan suatu jaringan penyokong yng disebut neurolgia. Neuron terdiri atas badan sel , dendrit dan akson.

Organ adalah kumpulan terintegrasi dari dua atau lebih jenis jaringan yng bersama-sama melakukan fungsi khusus tertentu.

0 comments:

Post a Comment