Tuesday, November 7, 2017

PENGERTIAN DAN PENGGOLONGAN OBAT SISTEM SARAF PUSAT (SSP)

PENGERTIAN



Sistem saraf pusat adalah bagian dari otak dan sumsum tulang belakang. Sistem ini adalah salah satu dari dua bagian utama dari sistem saraf, yang lainnya adalah sistem saraf perifer yang berada di luar otak dan sumsum tulang belakang.

Susunan saraf pusat berkaitan dengan sistem saraf manusia yang merupakan suatu jaringan saraf yang kompleks, sangat khusus dan saling berhubungan satu dengan yang lain. Fungsi sistem saraf antara lain mengkoordinasi, manafsirkan dan mengontrol interaksi antara individu dengan lingkungan sekitarnya. 

PENGGOLONGAN OBAT SISTEM SARAF PUSAT (SSP)

Obat yang bekerja terhadap SSP dapat dibagi dalm beberapa golongan besar yaitu :

  1. Psikofarmaka (Psikotropika) yang meliputi psikoleptika (menekan atau menghambat fungsi-fungsi tertentu dari SSP seperti hipnotka, sedativa dn tranquillizers, dn antipsikotika) Psiko-analeptika (menstimulasi seluruh SSP, yakni antidepresiva dan psikostimulansia.
  2. Untuk gangguan neurologis, seperti antiepileptika, MS (multiple sclerosis) dan penyakit parkinson.
  3. Jenis yang memblokir perasaan sakit : analgetika, anestetika umum dan lokal.
  4. Jenis obat vertigo dan obat migrain (Tjay, 2002) 
Umumnya semua obat yang bekerja pada SSP menimbulkan efeknya dengan mengubah sejumlah tahapan dalam hantaran kimia sinap (tergantung kerja transmitter)

Obat perangsang Sistem Saraf  Pusat antara lain :
  • Amfetamin
  • Metilfenidat
  • Kafein
  • Niketamid
  • Doksapram
JENIS OBAT-OBATAN SISTEM SARAF PUSAT

Obat Anestetik
Obat anestetik adalah obat yang digunakan untuk menghilangkan rasa sakit dalam bermacam-macam tindakan operasi.

a) Anestetik Lokal : Obat yang merintangi secara reversible penerusan implus-implus saraf ke SSP (susunan saraf pusat) pada kegunaan lokal dengan demikian dapat menghilangkan rasa nyeri, gatal-gatal, panas atau dingin.

b) Anetetika Umum : Obat yng dapat menimbulkan suatu keadaan depresi pada pusat-pusat saraf tertentu yang bersifat reversible, dimana seluruh perasaan dan kesadaran ditiadakan.

OBAT HIPNOTIK DAN SEDATIF

Hipnotik atau obat tidur berasal dri kata hynops yang berarti tidur, adalah obat yang diberikan malam hari dalam dosis terapi dapat mempertinggi keinginan tubuh normal untuk tidur, mempermudah atau menyebabkan tidur. Sedangkan sedatif adalah obat-obatan yang menimbulkan depresi ringan pada SSP tanpa menyebabkan tidur, dengan efek menenangkan dan mencegah kejang-kejang. Yang termasuk golongan obat sedatif-hipnotik adalah : Ethanol (alcohol), Barbiturate, Fenobarbital. Benzodiazepam, Methaqualon.

PENGGOLONGAN

Secara kimiawi, obat-obatan hipnotik digolongkan sebagai berikut : 
  1. Golongan barbiturate, seperti fenobarbital, butobarbital, siklobarbital, heksobarbital, dll
  2. Golongan benzodiazepam seperti Flurazepam, nitrazepam, flunitrazepam dan triazolam.
  3. Golongan alcohol dan aldehida seperti klralhidrat dan turunannya serta paraldehida.
  4. Golongan bromide seperti garam bromide (kalium, natrium, dan ammonium) dan turunan ure seperti karbromal dn bromisoval.
  5. Golongan lain seperti senyawa piperindindion (glutetimida) dan metaqualon.
OBAT PSIKOFARMAKA/PSIKOTROPIK

Obat psikotropik adalah obat yang bekerja secara selektif pada susunan saraf pusat (SSP) dan mempunyai efek utama terhadap aktivitas mental dan perilaku dan digunakan untuk terapi gangguan psikiatrik.
Obat yang menekankan fungsi psikis terhadap susunan saraf pusat
a. Neuroleptika yaitu obat yang bekerja sebagai  antipsikotis dan sedatif yang dikenal dengan Mayor Tranquilizer. 

Neuroleptika mempunyai beberapa khasiat :
  1. Antipsikotika yaitu dapat meredakan emosi dan agresi, mengurangi atau menghilangkan halusinasi, mengembalika kelakuan abnormal dan schizophrenia.
  2. Sedatif yaitu menghilangkan rasa bimbang, takut dan gelisah, contoh tioridazina.
  3. Antiemetika yaitu merintangi neorotransmitter ke pusat muntah contoh proklorperezin.
  4. Analgenetika yaitu menekan ambang rasa nyeri contoh haloperidinol
OBAT ANTIKOVULSAN

Obat mencegah dan mengobati bangkitan epilepsi. Contoh : Diazepam, Fenitoin, Fenobarbital, Karbamazepin, Klonazepam.

OBAT PELEMAS OTOT/muscle relaxnt

Obat yang mempengaruhi tonus otot sepert minyak kayu putih, balsem, Hot in cream.

OBAT ANALGETIK ATAU OBAT PENGHALANG NYERI

Obat atau zat-zat yang mengurangi atau menghilangkan rasa nyeri tanpa menghilangkan kesadaran, Sedangkan bila menurunkan panas disebut Antipiretika..

Atas kerja farmkologisnya, analgetika dibagi dalam dua kelompok besar yaitu:
  1. Analgetika Perifer (non narkotik), analgetik ini tidak dipengaruhi sistem saraf pusat. Semua analgetik perifer memiliki khasiat sebagai antipiretik yaitu menurunkan suhu. Terdiri dari obat-obatan yang tidak bersifat narkotik dan tidak bekerja sentral.
  2. Analgetik Narkotik, khusus digunakan untuk menghalau rasa nyeri hebat, seperti fraktur dan kanker. Nyeri pada kanker umumnya diobati menurut suatu skema bertingkat empt yaitu : Obat perifer (non Opioid) peroral atau rectal, paracetamol, asetosal. Obat perifer bersama kodein atau tramadol. Obat sentral (Opioid) peroral atau rectal. Obat Opioid parenteral. Penggolongan analgetik narkotik adalah sebagai berikut : Alkaloid alam (morfin, codein), Derivat semi sintesis (heroin), Derivat dintetik (metadon, fentanil), Antagonis morfin (nalorfin, nalokson dan pentazooin).

  1. Antipiretik adalah zat-zat yang dapat mengurangi suhu tubuh 
  2. Obat Antimigrain adalah obat yang mengobati penyakit berciri serangan-serangan berkala dri nyeri hebat pada satu sisi.
  3. Obat Antireumatik adalah obat yng digunakan untuk mengobati atau menghilangkan rasa nyeri pda sendi/otot, disebut juga anti encok.
  4. Obat Antidepresan adalah obat yang dapat memperbaiki suasana jiwa dapat menghilangkan atau menghilangkan gejala-gejala keadaan murung yang tidak disebabkan oleh kesulitan sosial, ekonomi dan obat-obatan serta penyakit
  5. Obat Antelmetika adalah obat untuk mencegah/menghentikan muntah akibat stimulasi pusat muntah yng disebabkan oleh rangsangan lambung usus, melalui CTZ (Cheme Receptor Trigger Zone) dan melalui kulit otak
  6. Obat Parkinson (penyakit gemeteran) adalah obat yang digunakan untuk mengobati penyakit parkinson yang ditandai dengan gejala tremor, kaku otot, gangguan gaya berjalan, gangguan kognitif, persepsi dan daya ingat. Penyakit ini terjadi akibat proses degenerasi yang progesif dan sel-sel otak sehingga menyebabkan terjadinya defisiensi neurotransmitter yaitu dopamin.

2 comments:

  1. Google search engine really helps me where to find your website that gives very good information where on Google I got this site.
    domino
    dominoqq
    domino online
    poker online
    betting online
    gambling online
    poker gambling
    domino games

    ReplyDelete
  2. terimakasih sudah sharing infonya yah kak

    Elever

    ReplyDelete