Monday, October 30, 2017

KEGUNAAN, MORFOLOGI, DAN KANDUNGAN DARI KULIT ATAU BUAH JERUK NIPIS (Citrus aurantifolia)

JERUK NIPIS (Citrus aurantifolia)


Buah Jeruk Nipis



Jeruk nipis berasal dari kepulauan hindia timur dan sekarang tersebar di daerah tropis dan subtropis. Jeruk nipis digunakan sebagai penyedap masakan, minuman penyegar, bahan pembuat asam sitrat, melunakkan daging, membersihkan karat pada logam atau kulit yang kotor, air perasan buahnya kaya vitamin C. (Dalimartha, 2011:48)

Klasifikasi Tanaman Jeruk Nipis

  • Kingdom : Plantae
  • Divisi : Spermatophyta
  • Subdivisi : Angiospermae
  • Kelas : Dicotyledoneae
  • Ordo : Rutales
  • Famili : Rutaceae
  • Genus : Citrus
  • Spesies : Citrus urantifolia (Pracaya,2009:145)
Morfologi Tanaman Jeruk Nipis

Memiliki batang yang tergolong dalam batang berkayu (lignosus) yaitu batang yang biasanya keras dan kuat. Batangnya berbentuk bulat, berduri, pendek, kaku dan juga tajam. Selain itu arah tumbuh batangnya mengangguk, dimana batangnya tumbuh tegak lurus keatas tetapi ujungnya membengkok kembali kebawah.

Daunnya berwarna hijau dan berwarna segar, tetapi kalau sudah tua warna kulitnya menjadi kuning, tangkai daun bersayap sempit. Helaian daun berbentuk jorong sampai bundar telur lonjong, pangkal bulat, ujung tumpul, tepi beringgit, permukaan atas berwarna hijau tua mengilap, permukaan daun bagian bawah berwarna hijau muda, panjang 2, 5-9 cm dn lebar 2,5 cm.

Buahnya berbentuk bulat sampai bulat telur, diameter 2,5-5 cm, berkulit tipis tanpa benjolan, permukaan licin dan berkulit tipis kulit buahnya memiliki 3 lapisan. Kulit buah rata atau berbenjol. Bunga majemuk, tersusun dalam malai yang keluar dari ketiak daun, bunga berbentuk bintang, diameter 1,5-2,5 cm, berwarna putih, baunya harum. (Pracaya, 2009:146-147)

Kandungan Kulit Buah Jeruk Nipis

Kulit Buah Jeruk Nipis


Vitamin C yang lebih banyak di banding jenis jeruk lain, vitamin A, vitamin B1, sitronela untuk zat-zat anti-nyamuk. Mengandung minyak atsiri dari golongan monoterpene yaitu limonene dan linalool. Limonene berkhsiat sebagai ekspektoran, sedatif dan aromatik. Linalol juga aromatik, antijamur, ntibakteri dan sedatif. (Dalimartha,2011:49)

0 comments:

Post a Comment