Friday, October 6, 2017

APAKAH NYERI SUATU PENYAKIT ?

Nyeri


Nyeri bukanlah suatu penyakit, rasa nyeri hanya merupakan suatu gejala yang fungsinya memberi tanda tentang adanya gangguan-gangguan di tubuh seperti peradangan, infeksi kuman atau kejang otot. Rasa nyeri disebabkan oleh rangsangan mekanisme atau kimiawi yang dapat menimbulkan kerusakan jaringan dan melepskan zat yang disebut mediator nyeri (Heidrich,2009:189).






Jalur Mekanisme Nyeri (Sutjahjo, 2003)




Analgetika
Analgetika atau obat penghalang rasa nyeri adalah zat-zat yang mengurangi atau menghalau rasa nyeri tanpa menghilangkan kesadaran (Tjay,T.H,Raharja,K,2002:295)


Paracetamol (Acetaminofen)
  1. Farmakologi, Acetaminofen mempunyai aktifitas sebagai analgetik dan antipiretik dengan sedikit efek anti-inflamasi. Seperti aspirin, acetaminophen berefek menghambat sintesa prostaglandin di otak tetapi sedikit aktifitasnya sebagai inhibitor prostaglandin perifer.
  2. Farmakokinetik, Acetaminofen di absorpsi cepat dari traktus gastro-intestinal, konsentrasi plasma puncak tercapai pada 0,5-2 jam.
  3. Efek samping, Pada dosis terapi, salah satu metabolit paracetamol bersifat hepatotoksik.
  4. Sediaan dan dosis, Paracetamol tersedia sebagai obat tunggal, berbentuk tablet 500mg atau sirup yang mengandung 120mg/5 ml.



0 comments:

Post a Comment