Sunday, October 8, 2017

MENCIT (MUS MUSCULUS)

Mencit (Mus musculus) adalah anggota Muridae (tikus-tikusan) yang berukuran kecil. Mencit mudah dijumpai di rumah-rumah dan dikenal sebagai hewan pengganggu karena kebiasaannya menggigiti mebel dan barang-barang kecil lainnya, serta bersarang di sudut-sudut lemari. Hewan ini diduga sebagai mamalia terbanyak kedua di dunia, setelah manusia. Mencit sangat mudah menyesuaikan diri dengan perubahan yang dibuat mnusia, bahkan jumlahnya yang hidup liar dihutan barangkali lebih sedikit dari pada yang tinggal di perkotaan. (Sulaksono, ME, 1992)






Mencit adalah binatang asli asia, india dan eropa barat. Jenis ini sekarang ditemukan di seluruh dunia karena pengenalan oleh manusia. Mencit peliharaan memiliki periode kegiatan selama siang dan malam. Tikus memakan makanan manusia dan barang-barang rumah tangga. Mencit (Mus musculus) adalah anggota Muridae (tikus-tikusan) yang berukuran kecil. Mencit mudah dijumpai di rumah-rumah dan dikenal sebagai hewan pengganggu karena kebiasaannya menggigit mebel dan barang kecil lainnya, serta bersarang di sudut-sudut lemari. Hewan ini diduga sebagai mamlia terbanyak kedua didunia, setelah manusia. Mencit sangat mudah menyesuaikan diri dengan perubahan yang dibuat manusia, bahkan jumlahnya yang hidup liar dihutan barangkali lebih sedikit dari pada yang tinggal diperkotaan. Mencit kadang-kadang disimpan sebagai hewan peliharaan dan mewah. Namun, sebagian besar tikus diperoleh dari peternak hewan laboratorium untuk digunakan dalam penelitian biomedis, pengujian, dan pendidikan. Bahkan, tujuh puluh persen dari semua hewan yang digunakan dalam kegiatan biomedis tikus. Melebihi dari 1000 saham dan straain tikus telah dikembangkan, serta ratusan mutan saham yang digunakan sebagai model penyakit manusia. Dalam hl genetika, mouse adalah mamalia dicirikan paling lengkap (Tjay T.H dan K. Rahardja.2002, Hal.357)



Hewan mencit tau Mus musculus adalah tikus rumah biasa termasuk ke dalam ordo rodenti dn family Muriadae. Mencit dewasa biasa memiliki berat antara 25-40 gram dan mempunyai berbagai macm warna. Mayoritas mencit laboratorium dalah strain albino yang mempunyai waena bulu putih dan mta merah muda.
Mecit merupakan hewan yang tidak mempunyai kelenjar keringat, jantung terdiri dari empat ruang dengan dinding atrium yang tipis dan dinding ventrikel yang lebih tebal.Percobaan dalam menangani hewan yang akan diuji cenderung memiliki karateristik yang berbeda, seperti mencit lebih penkut dn fotofobik, cenderung sembunyi dan berkumpul dengan sesama, mudah ditangani, lebih aktif pada mlam hari (nocturnal), aktifitas terganggu dengan adanyaa manusia, suhu norml 37,4 derajat celcius
laju respirasi 210/menit pada mencit dantikus persamaannya gigi seri pada keduanya sering digunakan untuk mengerat/menggigit benda-benda yang keras. Dengan mengetahui sifat-sifat karakteristik hewan yang akan diuji diharapkan lebih menyesuaikan dan tidak diperlakukan tidak wajar. Didalam suatu dosis yang dipakai untuk penggunaan suatu obat harus sesuai dengan data mengenai penggunaan dosis  secara kuantitatif, dikarenakan bila obat itu diaplikasikan kepada manusia dilakukan perbandingan luas permukaan tubuh. Rute pemberian obat dapat diberikan secara peroral, subkutan, intramuskular, intravena dn intraperitonial (Vincent H.S.Gan, 1995,hal.168:169)


0 comments:

Post a Comment