Sunday, November 5, 2017

KANDUNGAN TUMBUHAN JAMBU BIJI (psidium guajava) SERTA KEGUNAANNYA

JAMBU BIJI



Jambu biji (Psidium guajava) memiliki banyak kandungan yang terdapat dalam daun, yaitu : Asam psidoklat, asam oleanolat, asam guajaverin, minyak lemak, minyak atsiri, vitamin dan tannin. Selain itu tanaman jambu biji juga kaya akan zat non gizi, seperti serat pangan, komponen karotenoid, dan polifenol.

Jambu batu (Psidium guajava) atau sering juga disebut jambu biji, jambu siki dan jambu klutuk adalah tanaman tropis yang berasal dari brazil, disebarkan ke indonesia melalui Thailand. Jambu btu memiliki buah yang berwarna hijau dengan daging buah berwarna putih atau merah dan berasa asam-manis. Buah jambu batu dikenal mengandung banyak vitamin C.


DAERAH TUMBUH

Tanaman ini dapat tumbuh baik di dataran rendah maupun di dataran tinggi. Umumnya ditanam dipekarangan dan di ladang-ladang. Pohon jambu biji merupakan tanaman perdu yang bercabang banyak, tingginya dapat mencapai 12 m. Besarnya buah bervariasi dari yang berdiameter 2,5 cm sampai dengan lebih dari 10 cm.



MORFOLOGI TUMBUHAN

1. Akar (Radix)
Akar merupakan bagian pokok nomor tiga dalam jambu biji setelah batang dan daun. Sistem dari perakarannya yakni sistem akar tunggang. Untuk akar tunggang yang dimiliki jambu biji adalah jeins akar tunggang bercabang.

2. Batang (caulis)
Tumbuhan biji belah jika dilihat secara umum memiliki batang dengan bagian bawahnya yang lebih besar dan akan semakin mengecil ke ujungnya. Cabang jambu biji mempunyai bentuk berkayu, permukaan licin serta bagian kulit yang mati terlihat mengelupas. Batangnya sendiri tumbuh tegak lurus atau erectus. Mempunyai cabang sirung pendek/virgula atau virgula sucre scens.

3. Daun (folium)
Bagian ini adalah bagian yang penting karena fungsinya yang digunakan untuk mengambil zat-zat makanan, respirasi dan asimilasi transparansi. Dapat digolongkan untuk daun jambu biji adalah daun yang tergolong tidak lengkap, karena strukturnya sendiri dari tangkai dan helaian saja. Oleh sebab itu sering disebut daun bertangkai.


SISTEMATIKA TUMBUHAN

Kingdom: Plantae
Divisi : Spermatophyta
Subdivsi : Angiospermae
Kelas : Dicotyledonae
Ordo : Myrtales
Famili : Myrtaceae
Genus : Psidium
Spesies : Psidium guajava Lynn


NAMA DAERAH

Psidium guajava (Inggris/Belanda), jambu biji (Indonesia), jambu klutuk, Bayawas, tetokal, tokal (Jawa), jambu klutuk, jambu batu (Sunda), jambu bender (Madura), Sumatra : Glima breueh (Aceh), galiman (Batak), masiambu (Nias).
Jawa : Jambu klutuk (Sunda), jambu bigi (Madura)
Nusa Tenggara : Otong (Bali)
Maluku : Kayawase, Lutu hatu, jambu rutuno.


KANDUNGAN KIMIA

Beberapa senyawa kimia yang terkandung dalam daun jambu biji seperti, flavonoid, polifenol, karoten dan tannin, saponin, minyak atsiri, anti mutagenik, dan alkaloid.

KEGUNAAN

  • Diare/disentri
  • Ambient
  • Kembung pada anak-anak
  • Mencegah infeksi luka luar
  • Menghilangkan jerawat
  • Membersihkan komedo
  • Sariawan




1 comment: